Bahasa assembly adalah sebuah program yang terdiri dari instruksi-instruksi yang menggantikan kode-kode biner dari bahasa mesin dengan “mnemonik” yang mudah diingat. Misalnya sebuah instruksi penambahan dalam bahasa mesin dengan kode “10110011” yang dalam bahasa assembly dapat dibuat dalam instruksi mnemonik ADD, sehingga mudah diingat dibandingkan dengan angka 0 dan 1, dalam setiap instruksi membutuhkan suatu operand baik berupa data langsung maupun suatu lokasi memori yang menyimpan data yang bersangkutan.
Bahasa assembly sering juga disebut kode sumber atau kode simbolik yang tidak dapat dijalankan oleh prosesor, sedangkan assembler adalah suatu program yang dapat menerjemahkan program bahasa assembly ke program bahasa mesin. bahasa mesin adalah kumpulan kode biner yang merupakan instruksi yang bisa dijalankan oleh komputer. Program bahasa mesin sering disebut sebagai kode objek.
Baris-baris program yang mengandung instruksi mesin atau pengarah assembler harus mengikuti aturan program assembler ASM51. Masing-masing baris atas beberapa field yang dipisahkan dengan spasi atau tabulasi adalah bagian label, bagian mnemonic, bagian operand yang bisa lebih dari satu bagian komentar dan diakhiri dengan END.
2.2.1 Bagian – Bagian Dari Program Assembler
Berikut ini adalah bagian – bagian dari rogram assembler yaitu:
- 1. Label
Label merupakan suatu simbol yang didefinisikan sendiri oleh pembuat program untuk menandai lokasi memori pada area program. Simbol dan label adalah dua hal yang berbeda. Simbol tidak menggunakan titik dua, sedangkan label harus diakhiri dengan titik dua.
Contoh :
PAR EQU 500 ; “PAR” Menunjukan suatu simbol
; dari nilai 500
MULAI:
MOV A, #0FFh ; pada label; “Mulai” nilai 0FFh
; dipindahkan ke Akumulator
Dalam satu baris hanya ada satu label, pada umumnya Assembler membatasi jumlah karakter yang bisa digunakan hingga 31 karakter.
- 2. Mnenonik
Mnemonic instruksi atau pengarah Assembler dimasukan dalam “Mnemonic field” yang mengikuti “label mnemonic”. Mnemonic instruksi misalnya ADD, MOV, INC dan lain-lain.Sedangkan pengarah Assembler misalnya ORG, EQU, DB dan lain-lain.
- 3. Operand
Operand ditulis setelah mnemonic, bisa berupa alamat atau data yang digunakan instruksi yang bersangkutan.
Contoh :
MOV A, #20h ; A dan #20h adalah operand
LAGI:
JNB LAGI ; LAGI adalah operand
- 4. Komentar
Komentar harus diawali dengan titik koma. Sub rutin dari bagian besar program yang mengerjakan suatu operasi biasanya diawali dengan blok komentar yang menjelaskan fungsi sub rutin atau bagian besar program tersebut.
- 5. End
Petunjuk END merupakan kode perintah terakhir yang menunjukan batas akhir dari proses Assembly.
Instruksi yang sering digunakan dalam pembuatan program yaitu :
a. Instruksi Aritmatik
Instruksi aritmatik selalu melibatkan akumulator dan ada juga beberapa instruksi yang melibatkan register lain.
Berikut ini contoh instruksi–instruksi arimatika yaitu:
Tabel 2.4 Instruksi-instruksi Aritmatik
Instruksi
|
Keterangan
|
Contoh
|
ADD A,Rn | Menambah isi register Rn dengan isi akumulator lalu disimpan di akumulator | ADD A,R1 |
ADD A, direct | Menambah isi direct dengan akumulator, hasilnya disimpan di akumulator | ADD A, 30H |
ADD A, #data | Menambahkan immediate data ke akumulator | ADD A, #20H |
ADD A, @Rn | Menambahkan isi dari alamat yang ditunjuk Rn dengan akumulator | ADD A, @R1 |
ADDC A, #data | Menambahkan immediate data ke akumulator dengancarry | ADDC A, #20H |
SUBB A, Rn | Kurangkan isi register Rn dari akumulator | SUBB A, R1 |
INC A | Tambah isi akumulator dengan 1 | INC A |
DEC A | Kurangkan isi akumulator denga 1 | DEC A |
MUL AB | Kalikan isi A dengan isi B, low-byte disimpan pada akumulator, dan high byte pada B | MUL AB |
DIV AB | Bagi isi A dengan isi B. Akumulator menerima hasil integer pembagian dan B menerima integer sisanya. | DIV AB |
- b. Instruksi Logika
Instruksi Logika ini dipakai untuk melakukan operasi logika, yaitu operasi AND (instruksi ANL), operasi OR (instruksi ORL), operasi Exclusive-OR (instruksi XRL), operasi clear(instruksi CLR), instruksi komplemen (instruksi CPL), operasi penggeseran kanan atau kiri (instruksi RR, RRC, RL dan RLC) serta operasi penukaran data (instruksi SWAP). Data yang dipakai dalam operasi ini biasanya berupa data yang berada dalam akumulator atau data yang berada dalam memori data.
c. Instruksi Pemindahan Data
Instruksi – instruksi pemindahan data adalah :
Tabel 2.5 Instruksi – instruksi Perpindahan Data
Instuksi
|
Keterangan
|
Contoh
|
MOV A, Rn | Memindahkan isi register Rn ke akumulator | MOV A, R0 |
MOV A,direct | Memindahkan isi direct byte ke akumulator | MOV A, 30h |
MOV A , #data | Mengisi akumulator dengan nilai data | MOV A,#20h |
MOV A, @Rn | Mengisi akumulator dengan isi dari alamat yang ditunjuk oleh Rn | MOV A, @R0 |
2.2.2 Mode – Mode Pengalamatan
- 1. Mode Pengalamatan Langsung
Dalam pengalamat langsung nilai yang akan disimpan dalam suatu memori diperoleh secara langsung dengan mengambil dari lokasi memori yang lain.
Contoh :
MOV A,30H ; isi akumulator dengan bilangan 30 heksadesimal
- 2. Mode Pengalamatan Tak Langsung
Dalam pengalamatan tak langsung, instruksi menentukan suatu register yang digunakan untuk menyimpan alamat operan
Contoh :
ADD A,R ; Tambahkan isi RAM yang lokasinya ditunjukan oleh register R1 ke akumulator.
DEC @R1 ; Kurangi satu isi RAM yang alamatnya ditunjukan oleh register R1.
- 3. Mode Pengalamatan Segera
Cara ini menggunakan konstanta.
Contoh :
MOV A,#20H ; isi akumulator dengan bilangan 20 heksadesimal
Data konstanta merupakan data yang menyatu dengan instruksi, contoh intruksi diatas mempunyai arti bahwa data konstantanya, yaitu 20H, (sebagai data konstanta harus diawali dengan ’#’ dan tanda H untuk menyatakn format bilangan heksadesimal) disalin ke Akumulator (A).
- 4. Mode Pengalamatan Data
Pengalamatan data terjadi pada sebuah perintah ketika nilai operasi merupakan alamat data yang akan diisi atau yang akan dipindahkan.
Contoh :
MOV P1,A ; isi P1 dari nilai akumulator.
- 5. Mode Pengalamatan Bit
Pengalamatan bit adalah penunjukkan menggunakan simbol titik (.) yang menunjuk alamat lokasi bit, baik dalam RAM internal atau perangkat keras.
Contoh :
SETB P1.7 ; set bit port 1.7 high ( pot 1.7 diberi nilai logika 1)
Sekian dulu sobat artikel dari saya, semoga dengan artikel ini bisa membantu anda dalam wawasan Informatika anda sobat :D maaf kalau dalam penulisan bahasanya agak semrawut :D Maklum masih Newbie gan :D sampai bertemu kembali ,,, Semoga Bermanfaat ! :)
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Programer
dengan judul Pemrograman Bahasa Assembly (Assembler) Free !. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://predator-technology.blogspot.com/2013/08/pemrograman-bahasa-assembly-assembler.html. Terima kasih!
Ditulis oleh:
VeRZaW#021 - 25 August 2013
Belum ada komentar untuk "Pemrograman Bahasa Assembly (Assembler) Free !"
Post a Comment
Mohon Memberi Komentar dengan Kata-Kata yang Sopan !!